Tips dan Trik Memulai YouTube Serta Menjadi Viral Untuk Pemula

Saat ini menjadi seorang YouTuber sepertinya merupakan profesi yang menyenangkan dan menggiurkan. Kesan ini membuat profesi content creator adalah salah satu jalan mudah untuk mendapatkan ketenaran, peluang kerja sama dan pendapatan besar serta kepopularitasan. Selain itu, menjadi YouTuber sering diartikan sebagai profesi yang bisa kita pilih berdasarkan dari minat atau hobi dan bisa dilakukan dari mana saja.

Mungkin cara pikir ini sudah tidak relevan lagi mengingat selera audiens juga ikut berubah seiring dengan tren dan kualitas yang harus disuguhkan para content creator YouTube. Meski image yang di dapat masyarakat adalah YouTuber yang sukses dengan penghasilan jutaan rupiah, namun ini bukanlah tanpa perjalanan panjang yang penuh perjuangan dan kerja keras.

Di balik setiap vlogger terkenal tentu ada banyak hal yang telah mereka curahkan untuk sampai di titik dimana mereka mendapatkan hasil upaya mereka tersebut. Sama dengan pekerjaan lain, maka menjadi seorang YouTuber juga harus melalui proses dan kerjas keras yang disiplin juga konsisten. Dengan begitu banyak yang harus dilakukan, tak dipungkiri banyak juga para YouTuber yang menyerah kalah, tetapi jika Anda ingin mencoba menjadi YouTuber yang sukses dan viral, mari simak penjelasan tips dan trik singkatnya dibawah ini.

Memahami YouTube dan Komunitasnya

Bagi pemula yang ingin memulai saluran YouTube mereka, pertama kali yang mereka harus pahami adalah bahwa YouTube adalah komunitas yang besar. YouTube bukan hanya platform hosting video semata tetapi apa yang membuat YouTube begitu luar biasa adalah karena platform ini juga merupakan jejaring sosial, yang mana adalah komunitas dan komunitas yang cukup besar. Dibawah ini uraian kenapa YouTube bisa menjadi komunitas terbesar saat ini :

  • YouTube adalah mesin pencari terbaik setelah Google

    Jumlah total pemirsa dan orang yang menggunakan YouTube, adalah 1 miliar lebih, yang kalau digambarkan maka itu berarti satu dari setiap enam orang di dunia menonton video di YouTube. Sebagai salah satu saluran sosial paling populer dunia, hampir lima miliar video ditonton setiap hari oleh 30 juta pengunjung setiap harinya.
    Maka YouTube menjadi mesin pencari dengan sendirinya yang berada di urutan ke-2 setelah Google yang bermakna YouTube menjadi alat browsing internet terfavorit di antara mesin pencari dan platform lainnya.

  • YouTube menjadi platform populer bagi semua kalangan

    Dengan semua kekuatan pencarian itu dan semua orang yang mencari hampir semua hal di dunia maya, membuat YouTube mewakili hampir setiap sudut Internet dengan cara mereka sendiri, yakni video. Hampir semua subjek yang memiliki audiens akan memiliki tempat di platform. Meskipun banyak orang menargetkan ceruk/niche yang paling populer karena mereka telah terbukti sukses dengan audiens yang besar dan dapat diakses, tidak diragukan lagi bahwa menargetkan ceruk yang kurang dikenal berarti persaingan yang lebih rendah dan kemungkinan penghasilan yang lebih baik sambil meningkatkan peringkat Anda lebih cepat.

Tips dan Trik Memulai YouTube Untuk Pemula

Untuk menjadi seorang YouTuber, Anda harus menjadi pecinta YouTube terlebih dahulu. Karena Anda tidak menyukai platform ini, maka Anda akan kesulitan dalam memahami bagaimana YouTuber bekerja dan menyesuaikannya dengan ceruk/niche Anda. Ini bisa Anda mulai dengan melihat tren, taktik, jenis video YouTube apa saja yang disukai para YouTuber terkemuka serta performanya. Langkah pertama sederhana ini akan membantu Anda selama proses brainstorming dan saat Anda mulai mengembangkan konten untuk saluran Anda. Simak tips dan trik mudah selanjutnyanya dibawah ini.

  • Menentukan niche/ceruk yang tepat

    Sekarang ini, YouTuber saat ini bukan hanya pembuat video saja dan kemudian mengunggahnya lalu berharap audiens akan menyukainya begitu saja. Pada dasarnya seorang YouTuber adalah influencer juga dan dari sinilah seorang YouTuber bisa menghasilkan uang. Baik itu fashion, kecantikan, gaya hidup, hidup sehat, atau menjadi diri sendiri, Anda harus menjelaskan dari awal tentang saluran dan merek pribadi Anda. Jika Anda menemukan ceruk yang Anda ketahui di tahap awal karir YouTube Anda, Anda akan dapat membangun identitas saluran Anda dengan tertata.

  • Memilih audiens yang tepat

    Banyak YouTuber pemula biasanya memulai saluran mereka tanpa memiliki latar belakang dan pengetahuan tentang ceruk serta audiens yang adalah pendekatan yang salah dan mungkin merusak karir Anda. Lakukan penelitian yang tepat sebelum membuat pikiran tentang bidang tertentu serta pilih pemirsa atau audiens dan kata kunci target untuk mendapatkan lebih banyak perhatian serta keterlibatan pada video Anda.

  • Cari ide dan inspirasi konten

    Langkah selanjutnya adalah langkah yang sangat penting yang harus Anda ambil bahkan sebelum Anda mulai membuat saluran. Ini adalah bagaimana Anda menemukan ide dan inspirasi dalam membuat konten video Anda. Tidak ada salahnya melihat konten yang sudah dibuat oleh YouTuber lain yang mempunyai niche yang sama dengan Anda.
    Dari sini Anda bisa mendapatkan ide dengan melihat apakah konten Youtuber lain lebih baik dan apakah audiens mempunyai minat yang tinggi terhadap konten tersebut. Memunculkan ide-ide topik untuk mengatasinya dengan cara yang akan membangkitkan minat para audiens. Inspirasi bisa didapatkan dari mana saja dan tidak terbatas selama selama Anda terus mencari cara untuk memberikan nilai tontonan terbaik kepada audiens Anda.

  • Gunakan peralatan terbaik

    Peralatan yang Anda gunakan dalam membuat konten juga menentukan kualitas konten yang Anda hasilkan. Jadi, sangat penting untuk memiliki gagasan yang jelas tentang peralatan apa yang Anda perlukan untuk membuat jenis konten yang Anda rencanakan untuk dibuat. Meskipun Anda tidak perlu berinvestasi dalam peralatan mahal sejak awal, Anda perlu memiliki beberapa hal penting untuk menunjang pembuatan konten Anda.
    Anda akan membutuhkan komputer dengan kecepatan dan spesifikasi yang layak yang akan memenuhi kebutuhan Anda. Anda pasti perlu berinvestasi dalam perangkat lunak pengeditan video yang layak. Meskipun Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk modal peralatan Anda, tapi pastikan semua peralatan tersebut memiliki semua fitur dasar untuk membantu Anda membuat konten yang berkualitas.

Tips Membuat Saluran YouTube Menjadi Viral Untuk Pemula

Sebuah konten yang viral tidak hanya disengaja tetapi juga mempunyai persiapan yang matang lebih dulu. Adapun cara untuk membuat saluran YouTube Anda bisa menjadi viral adalah dengan mendapatkan momentum yang tepat dan beberapa cara singkat lainnya di bawah ini.

  • Relevan dengan tren dan topik terkini

    Menjadi relevan berarti menemukan topik yang diminati orang serta menemukan pertanyaan spesifik yang dimiliki orang dalam topik itu. Mengetahui siapa yang Anda menjadi audiens dan apa yang ingin mereka ketahui dari saluran Anda, akan menginformasikan rencana konten Anda yang juga membantu Anda memfokuskan sumber daya Anda nantinya.

  • Konten yang berkualitas

    Salah satu kesalahan pemula terbesar adalah berpikir bahwa Anda dapat membuat konten berkualitas tinggi sendiri tanpa pemahaman atau pengetahuan teknis apa pun. Kualitas video yang baik berarti membutuhkan keahlian teknis baik itu dari Anda atau seseorang yang mendukung Anda, untuk bisa menghasilkan video yang berkualitas. Ini berarti pencahayaan, suara, dan peralatan yang tepat serta kualitas pengeditan dan memiliki alat yang Anda butuhkan untuk membuat video yang menarik dan menarik yang melibatkan lebih dari sekadar kepala bicara dan memegang produk.

Kesimpulan dan Penutup

Sejak Jawed Karim menjadi orang menjadi orang pertama dalam sejarah yang mengunggah vlog di platform Youtube 2005 lalu, maka platform ini mulai meledak dan disukai banyak orang. Dari permulaan itu, ada jutaan pembuat konten tertarik dengan karier vlogging dan memutuskan untuk menjadi seorang YouTuber. Mengingat trend dan peluang besar ini, membuat YouTuber pemula ingin juga mencoba dan bertanya-tanya langkah apa yang harus mereka tempuh untuk memulai saluran YouTube mereka sendiri.

Tidak ada cara absolut untuk menjadi seorang YouTuber yang sukses dan viral, tapi langkah pertama Anda adalah melakukan riset Anda sendiri. Ini juga termasuk bahwa setiap konten yang viral, memerlukan perjuangan yang tidak sedikit oleh pembuatnya. Dibutuhkan banyak kreativitas, motivasi, konsistensi, dan ketekunan, tetapi Anda dapat mencapainya dan menjadi YouTuber yang tidak hanya sukses, tapi juga menjadi viral jika Anda benar- benar konsisten dan disiplin menjalankan saluran YouTube Anda.